Keuangan Mikro Syariah Peduli Kemiskinan

ekonomi islamPerkembangan industry perbankan syariah secara global terus mengambil tempatnya dengan berbagai penerapan sistem yang rahmatan lil alamain (rahmat bagi alam semesta). Sistem keuangan syariah yang berdasarkan kepada Alquran dan As Sunnah ini terus menjelma menjadi berbagai penerapan yang luar biasa,tidak hanya menyasar kalangan atas tetapi juga mengambil tempat bagi orang-orang miskin.

Pada Juni mendatang, Pakistan akan menjadi tuan rumah bagi para pengiat keuangan syariah terutama yang concern terhadap keuangan mikro syariah. Berdasarkan informasi rilis yang dikirmkan oleh AlHuda Centre of Islamic Banking & Economics (CIBE) bahwa konferensi yang akan mengupas bagaimana keuangan mikro syariah menjawab pengentasan kemiskinan.

“CIBE dan AKHUWAT merupakan pihak yang mengorganisir Konferensi Islam Internasional Keuangan Mikro yang diselenggarakan pada 13 Juni 2011 bertempat Faisal Auditorium Islamabad. Konferensi akan dihadiri oleh 12 negara dengan 800 peserta,”tegas rilis yang dikutip dilaman PRLog, kemarin.

Tujuan utama dari konferensi ini adalah untuk mencari jalan keluar baik secara asional maupun international mengenai bagaimana cara mengurangi kemiskinan sebagai salah satu permasalahan besar dari banyak negara.

“Delegasi dari Malaysia, Yaman, Afghanistan, Indonesia, Mauritius dan negara-negara lain yang berpartisipasi dalam acara akan menjelaskan berbagai topik yaitu metodologi keuangan mikro syariah penanggulangan kemiskinan, zakat, implikasi Syariah, Dard-e-Hasna, Model Wakaf, kecenderungan keuangan mikro syariah, aplikasi teknologi pengentasan kemiskinan, penggunaan keuangan mikro syariah dalam masyarakat non muslim dan isu-isu lain yang akan berlangsung selama tiga hari,” jelas tim CIBE dalam rilisnya.

Konferensi yang akan berlangsung di Pakistan ini nantinya akan merumuskan berbagai hal yang terkait dengan bagaimana keuangan mikro syariah sebagai peluang oemecahan pengentasan kemiskinan.

Sumber : IBnews Eramuslim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...