Kembangkan SDM Bank Syariah Sejak Awal

Untuk mendorong perkembangan industri perbankan syariah diperlukan SDM mumpuni yang mampu menjalankan bisnis dengan baik. Untuk menciptakan SDM tersebut, perbankan syariah pun hendaknya dapat meluangkan sejumlah dana untuk mendidik SDM sejak awal.

Direktur Bank Danamon, Herry Hykmanto, menuturkan agar bank syariah dapat berkembang lebih pesat, industri harus serius dalam mempersiapkan SDM. ”Untuk mendorong bank syariah tergantung kesiapan sumber daya, khususnya SDM, karena kalau tetap ada bajak-membajak SDM akan susah perkembangannya,” jelasnya, Selasa (29/6).

Oleh karena itu, lanjut dia, perlu kesadaran dari masing-masing bank untuk merekrut dan mendidik SDM sejak awal. Dengan bersama-sama membangun SDM dan konsisten menjalankannya, ujar Herry, maka akan dapat meningkatkan pertumbuhan perbankan syariah.

Menurut Herry, adanya jurusan ekonomi Islam di perguruan tinggi dapat membantu penyediaan SDM perbankan syariah. Pihaknya pun memprioritaskan fresh graduate dalam merekrut SDM dari awal. ”Kalau lulusan ekonomi Islam kuat di fiqih tinggal tambah transaksional, sebaliknya jika kuat di perbankan tinggal tambah pengetahuan fiqih. Ini tinggal bagaimana sebagai perusahaan punya kesiapan dan kemauan untuk memberi pendidikan kepada SDM dengan latar belakang apapun,” jelasnya.

Sumber : Republika.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...