Kelola Uang Dengan Baik Di Bulan Ramadhan

ekonomi islamMengelola keuangan dengan baik dan terencana menjadi suatu keharusan bagi setiap individu. Dengan pengelolaan yang baik maka segala aktivitas kehidupan dapat berjalan lancar kini dan kemudian hari.

Memasuki bulan Ramadhan, masyarakat sering dihadapi permasalahan finasial terutama berkaitan dengan pengeluaran yang sangat berlebihan. Terlebih ketika menjelang Idul Fitri, pengeluaran dana menjadi membengkak hingg akhirnya setelah Ramadhan banyak yang mengalami kekurangan dana dan terpaksa untuk berhutang.

Islamic Financial Planner dari Hijrah Institute, Elsa Febiola Aryanti menuturkan permasalahan finansial yang dihadapi masyarakat terjadi karena hilangnya esensi Ramadhan itu sendiri.

“Kita harus kembali ke esensi Ramadhan, jangan jadikan Ramadhan sebagai bulan yang membuat kita harus berbelanja berlebihan. Memang ini dampak Ramadhan yang kini sering dikomersialisasi dengan penuh gebyar di pusat-pusat belanja dan pertokoan,” ujarnya.

Paham akan esensi Ramadhan yaitu senantiasa menahan hawa nafsu akan membuat masyarakat terhindar dari pengeluaran yang berlebihan. Sehingga masyarakat tidak mudah tergoda untuk belanja berlebihan yang terkadang nilai manfaatnya tidak ada.

Feby juga menganjurkan jika ada rencana yang akan mengakibatkan pengeluaran yang besar seperti mudik lebaran, masyarakat harus tahu kemampuan finansialnya. Agar kedepannya tidak mengalami kesulitan keuangan.

“Kita harus belajar dari Ramadhan tahun lalu, dan rencanakan segala sesuatu dengan baik dari jauh-jauh hari sesuai kemampuan finansial,” tandasnya.

Sumber : PKES Interaktif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...