JK : Semangat Zakat, Semangat Membangun Dunia Usaha

ekonomi islamSebagai salah satu dari rukun Islam sekaligus instrumen ekonomi Islam, zakat merupakan sesuatu yang penting dalam mewujudkan kesejahteraan umat secara menyeluruh. Setidaknya inilah yang diyakini mantan Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla.

Ia berprinsip bahwa zakat bukan sekedar kewajiban seorang muslim, lebih dari itu zakat merupakan dapat meningkatkan keadilan dan merentas kemiskinan demi mewujudkan kesejahteraan umat. “Dengan zakat, kita dapat meratakan keadilan dan mengurangi angka kemiskinan,” ujarnya saat deklarasi gerakan Indonesia Pantang Menyerah di Gedung Juang beberapa hari yang lalu.

Ia menambahkan perlu adanya semangat membesarkan zakat. Semangat tersebut harus diikuti dengan semangat membangun dunia usaha. Sehingga dengan tumbuhnya dunia usaha maka semakin banyak para muzaki yang bermunculan dan akhirnya zakat yang dapat dihimpun memiliki jumlah yang besar.

“Dengan membangun dunia usaha, kita akan melahirkan banyak muzaki yang nantinya akan membesarkan zakat. Sehingga makin banyak zakat yang dapat disalurkan,” tandasnya.

Sumber: PKES Interaktif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...