Islamic Bank of Thailand akan Terbitkan Sukuk Pertama

Islamic Bank of Thailand
Islamic Bank of Thailand (IBT) berencana menghimpun dana sebesar 155 juta dolar AS dari sukuk. Penerbitan sukuk tersebut akan menjadi yang pertama bagi Thailand.

Juru bicara pemerintah Thailand, Charuphan Intararoong, mengatakan Thai Securities & Exchange Commission akan menerbitkan panduan bagi perusahaan mengenai penerbitan instrument keuangan syariah. Tahun lalu Perdana Menteri Thailand, Abhisit Vejjajiva, telah menyatakan dukungannya kepada empat provinsi di selatan Thailand untuk mengadopsi prinsip syariah.

“Thailand ingin mengembangkan produk pasar modal karena permintaan layanan keuangan Islam akan meningkat di tahun-tahun mendatang untuk melayani Muslim Thailand,” kata Charuphan, sebagaimana dikutip laman Bloomberg, Jumat (23/7). Populasi muslim di Thailand berjumlah 4,3 persen dari total 67 juta penduduk. Ayudhya Fund Management Co dan AmInvestment Management Malaysia pun mengatakan umat muslim tersebut dapat membeli sukuk yang dapat turut mendanai perekonomian senilai 272 miliar dolar AS.

Direktur Utama IBT, Dheerasak Suwannayos, mengatakan banknya pun berharap dapat menyelaraskan sistem untuk mengakomodasi transaksi keuangan Islam, “Perekonomian Thailand sangat besar dan pemerintah juga memiliki banyak proyek seperti infrastruktur, yang merupakan sasaran dari bank-bank syariah,” kata Dheerasak. Ia mengungkapkan CIMB Thai Bank Pcl akan membantu dalam rencana penerbitan sukuk Thailand.

“Thailand sudah memiliki pasar obligasi yang aktif dan mereka memiliki fundamental makro yang sangat baik untuk mengembangkan industri sukuk,” kata ofisial Bahrain Islamic Bank, Rohit Chawdhry. Kedua hal tersebut pun, lanjutnya, akan menguntungkan bagi penerbit sukuk di Thailand.

Sumber : Republika.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Loading Facebook Comments ...