Interkoneksi BMT Perluas Jaringan Pemasaran

Interkoneksi BMT Perluas Jaringan Pemasaran

Interkoneksi antar BMT dan jalinan host to host BMT dengan perbankan syariah dapat membuat industri keuangan syariah semakin kuat. Pengamat ekonomi syariah, Mustafa Edwin Nasution, mengatakan kerja sama tersebut akan memperluas jaringan pemasaran baik bagi bank syariah maupun BMT.

”BMT merupakan ujung tombak keuangan Islam karena bisa menjangkau nasabah dengan lebih luas, termasuk yang nonbankable seperti usaha mikro. Karena itu interkoneksi dan kerja sama dengan bank akan dapat memberikan kemudahan bagi nasabah,” kata Mustafa, Senin (12/7).

Ketua Umum Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) ini menyatakan, saat ini pertumbuhan BMT belum terlalu tampak seperti lembaga keuangan syariah lainnya. Namun dengan menjalin kerja sama satu sama lain, maka akan dapat memperluas pemasaran produk keuangan syariah dan memperbesar pasar industri keuangan syariah.

Di lain pihak, lanjut Mustafa, diperlukan pula dukungan pemerintah dalam mengembangkan BMT di Tanah Air, misalnya dengan mamfasilitasi dana untuk disalurkan ke sektor nonbankable. Selain itu, undang-undang lembaga keuangan mikro juga setidaknya dapat segera dibuat, sehingga memiliki landasan peraturan yang kuat.

Sumber : republika.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...