Inovasi Produk Bisa Gaet Nasabah Rasional

Inovasi Produk
JAKARTA–Bank syariah didorong untuk melakukan inovasi produk. Sebagian besar masyarakat Indonesia yang merupakan nasabah rasional membuat produk yang inovatif dan menguntungkan menjadi salah satu hal yang akan dapat menggaet nasabah.

Direktur Bank Syariah Mandiri (BSM), Hanawijaya, mengatakan secara umum hanya terdapat beberapa hal yang agak menghambat inovasi dalam produk perbankan syariah. Misalnya saja BSM tengah menyiapkan skim untuk pembiayaan konsumer.

”Untuk konsumer misalnya butuh uang untuk renovasi dan pendidikan anak, akadnya sekarang satu-satu. Bisa beri jalan keluar untuk pembiayaan konsumer misalnya nasabah menjual mobil ke bank, lalu mendapat dana untuk digunakan kebutuhan-kebutuhan tadi. Tapi kemudian nasabah bisa membeli mobilnya kembali dengan cicilan, masuk kategori seperti bai al inah. Jika DSN mau, pembiayaan seperti itu hanya dibatasi untuk konsumer saja, tidak untuk pembiayaan yang lain,” jelas Hanawijaya, usai talkshow ‘Arah Kebijakan Strategis Perbankan Syariah’ di Balai Kartini, Kamis (5/8).

Ia menuturkan, saat ini pembiayaan konsumer di Indonesia mencapai sekitar Rp 600 triliun, tetapi perbankan syariah belum memiliki porsi yang banyak dari pembiayaan tersebut. Pembiayaan konsumer BSM sebesar Rp 6 triliun dari total pembiayaan Rp 21 triliun per Juli 2010.

Sumber : Republika.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Loading Facebook Comments ...