India Mulai Lirik Keuangan Syariah

Keuangan Syariah India
Perbankan syariah kini mulai meluas di berbagai negara. Kendati India belum masuk ke ceruk pasar tersebut, kini sejumlah tokoh mulai mengenalkan keuangan syariah di India dengan mengadakan seminar internasional keuangan syariah pada Oktober mendatang.

Mantan hakim mahkamah agung, Krishna Iyer, menyambut hadirnya keuangan syariah di India. ”Keuangan syariah telah terbukti berhasil dalam pengentasan kemiskinan dan mendorong pertumbuhan berkelanjutan di banyak negara, termasuk Amerika Serikat. Karena itu, keuangan syariah sangat relevan diterapkan di India, di mana ada 20 juta orang yang kelaparan,” kata Iyer, dikutip laman Arab News, Kamis (29/7).

Iyer mengkritisi individu yang menentang keuangan syariah karena alasan agama. Menurutnya, keuangan syariah yang bebas bunga adalah pilihan yang baik bagi negara-negara seperti India. ”Orang-orang mungkin meragukan apakah sistem ini dapat bertahan hidup tanpa mengambil bunga, namun sistem yang mendukung pembangunan sosial tidak akan pernah gagal,” tegasnya.

Sumber : Republika.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Loading Facebook Comments ...