India Jajaki Pendirian Bank Syariah

ekonomi islamPemimpin Partai di Kongres India, M.M Hassan menekankan pentingnya bank syariah dalam sistem keuangan di negara tersebut. Hal ini mengingat bank syariah berperan penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat lewat pembiayaan mikro dan pembiayaan proyek infrastruktur.

“Jika kami mampu membangun keuangan syariah, itu akan membawa banyak manfaat untuk rakyat dan negara kami, “ ujar dia seperti dikutip Arab News, Ahad (25/12).

Hassan mengatakan partainya akan mempromosikan keuangan syariah dalam perekonomian India. Inisiatif implementasi keuangan syariah di India sebelumnya sudah ada. Namun, masih berbentuk perusahaan pembiayaan yakni BUMN, Kerala State Industrial Development Corp (KSIDC).

Dia juga mengungkapkan telah didirikan sebuah institusi keuangan non bank yakni Janasree Sustainable Development Mission untuk memberikan pembiayaan pada Usaha Menengah, Kecil, dan Mikro (UMKM). “Kami mempertimbangkan untuk memakai keuangan syariah untuk usaha bersama (ventura). Pembiayaan tanpa bunga akan memberikan manfaat yang lebih besar pada masyarakat, “ ujar dia.

Dalam sebuah forum, Indian Forum for Interest Free Banking (IFIB) di Jeddah, telah dibuat memorandum bersama yang akan dikirim ke Menteri Luar Negeri India, K.C.Joseph. Memorandum ini berisi dorongan bagi dua juta ekspatriat India yang bekerja di Arab Saudi untuk berinvestasi di lembaga keuangan India.

Selain itu, memorandum tersebut juga mendorong semua bank memperkenalkan sistem perbankan tanpa bunga atau membuat unit syariah.

Sumber : Republika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...