IDB Komitmen Kembangkan Keuangan Syariah di Indonesia

ekonomi islamBank Pembangunan Islam (IDB) akan terus berkomitmen untuk meningkatkan pertumbuhan keuangan syariah di Indonesia.

“IDB selalu berkomitmen kepada pengembangan keuangan syariah. Bahkan, kami terus mendukung pertumbuhan Bank Muamalat Indonesia sejak 1992,” ujar Presiden Islamic Development Bank (IDB) Group, Ahmad Mohammad Ali, di Jakarta, Rabu (11/5).

Ia menjelaskan ekonomi keuangan berbasis syariah telah teruji dapat bertahan dari krisis global dan tumbuh secara signifikan di Inggris serta Prancis. Untuk itu, menurut dia, nantinya IDB tidak hanya secara intensif melakukan sosialisasi pengembangan struktur keuangan syariah kepada 56 negara anggota IDB. Namun, mereka juga melakukan sosialisasi kepada negara-negara lain yang belum menerapkannya.

“Kami optimis karena pertumbuhan keuangan dan perbankan syariah di seluruh dunia meningkat dalam 30 tahun terakhir,” ujarnya.

Ahmad melanjutkan secara khusus IDB akan mengambil manfaat dari pengetahuan institusional untuk mendukung percepatan pertumbuhan industri keuangan syariah di Indonesia melalui pengembangan struktur keuangan Islam termasuk peningkatan pasar modal syariah. “Pengembangan pasar modal syariah khususnya dalam konteks penerbitan sukuk jangka panjang sangat dibutuhkan untuk membiayai proyek-proyek infrastruktur berbasis Public Private Partnership,” ujarnya.

Sumber : Republika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...