IDB Dirikan Kantor di Indonesia

IDB
Zona Ekonomi Islam – Islamic Development Bank (IDB) akan mendirikan kantor lokal di Indonesia untuk mempercepat pengembangan proyek yang didanai IDB. Namun waktu pelaksanaannya belum ditentukan.

Manager Country Division I (with Southeast Asia and Surinam) Country Department IDB, Ahmad Saleh Hariri, mengatakan Indonesia memiliki peluang dan desain yang cukup baik. “Namun implementasinya perlu terus didorong, karena itu IDB berencana membuka kantor di Indonesia untuk mempercepat proyek di sini. Untuk waktunya akan tergantung dari dewan IDB, tapi kami akan membuat rekomendasi mengenai itu,” kata Saleh disela-sela Member Country Partnership Strategy (MCPS) IDB-Bappenas di Grand Hyatt, Kamis (30/9).

Ia menuturkan IDB berkomitmen menyediakan dana hingga 3 miliar dolar AS. MCPS menjadi salah satu bentuk kerja sama grup IDB dengan pemerintah Indonesia. Saleh memaparkan dalam MCPS pihaknya mengidentifikasi program untuk pendidikan, pertanian, sektor swasta, serta tiga cross-sector, yaitu untuk pengembangan keuangan Islam, pengembangan kapasitas dan integrasi regional.

Menurut Saleh, potensi industri keuangan Islam di Indonesia sangat besar dan masih terdapat banyak hal yang dapat dikembangkan di masa depan. “Aspek peraturan yang mendasar dan dukungan kebijakan sudah ada dan membantu untuk mempromosikan keuangan syariah. Saat ini tinggal menunggu industry keuangan syariah Indonesia untuk ke tingkat yang lebih tinggi,” cetus Saleh.

Ia mengungkapkan salah satu yang didorong IDB adalah penerbitan sukuk sebagai salah satu alat untuk membiayai infrastruktur. IDB sendiri, lanjutnya, memiliki rencana menerbitkan sukuk internasional. “Di masa mendatang bisa saja dalam pipeline sukuk IDB diterbitkan di Indonesia,” kata Saleh.

Sumber : Republika

2 comments on “IDB Dirikan Kantor di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Loading Facebook Comments ...