ICDIF-LPPI Selenggarakan iB Officer Development Program

Industri perbankan syariah di Indonesia yang berkembang pesat membuat kebutuhan sumber daya manusia juga semakin meningkat. Berdasarkan hasil analisa ICDIF LPPI terhadap pertumbuhan industri perbankan syariah dalam tiga tahun terakhir, diperkirakan industri perbankan syariah akan tumbuh antara 25-30 persen setiap tahunnya dalam tiga tahun mendatang.

Sejalan dengan perkembangan di atas, industri perbankan syariah diperkirakan memerlukan tambahan SDM lebih dari 40 ribu orang. Dalam rangka mengantisipasi ekspansi dan pertumbuhan pesat lembaga keuangan Syariah, baik di dalam maupun luar negeri, International Center for Development in Islamic Finance–Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (ICDIF LPPI) bekerja sama dengan Bank Indonesia dan perbankan syariah menyelenggarakan program iB Officer Development Program (iB-ODP).

Kepala Divisi Konsultan dan Pengembangan Keuangan Syariah LPPI, Sujud Mardi Putra, mengatakan permasalahan SDM di perbankan syariah saat ini yang terjadi adalah saling bajak-membajak SDM antar bank syariah. ”Kita berusaha untuk mengatasi hal tersebut dengan menyelenggarakan iB officer, sehingga dapat menambah jumlah SDM perbankan syariah yang berkualitas,” katanya, Senin (28/6).

Bagi lulusan iB officer dengan nilai yang cukup baik akan dapat langsung disalurkan kepada bank syariah. Putra menuturkan, pada April lalu BI telah mengundang para direktur utama dan direktur bidang syariah unit usaha syariah untuk membahas SDM perbankan syariah. ”Pada bulan lalu yang datang ada sekitar 20 bank syariah dan UUS dan mereka semua komit untuk menyelenggarakan dan mendukung programnya, serta menyerap hasil SDM lulusan iB officer ICDIF-LPPI,” ujarnya.

Ia menambahkan, terdapat sejumlah hal yang menjadi kendala SDM perbankan syariah belum terpenuhi sampai sekarang. Di antaranya adalah kurikulum ekonomi syariah di perguruan tinggi belum dapat menghasilkan lulusan yang siap kerja. Di sisi lain, lanjutnya, terbatasnya permodalan bank syariah untuk mengembangkan SDM. ”Bank syariah perlu orang banyak, tapi permodalan bank syariah untu pengembangan SDM tidak seperti konvensional. Selain itu juga butuh waktu untuk pelatihan,” jelasnya.

Sumber : Republika.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...