ICDIF-LPPI Gelar Lokakarya Angkatan Ke-2

Dirut Bank Syariah Mandiri Yuslam FauziKepercayaan masyarakat terhadap pelaksanaan sistem keuangan Syariah di Indonesia semakin tinggi. Selain itu dukungan dari pemerintah dan lembaga legislatif membuat laju perekonomian syariah di negeri ini pesat. Hal tesebutlah yang mendasari International Center for Development in Islamic Finance- Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (ICDIF-LPPI) mengadakan Lokakarya Angkatan Ke-2 dengan tema Peran Komisaris, Direksi dan Dewan Pengawas Syariah Dalam Pengurusan Bank.

Tujuan dari lokakarya ini diharapkan dapat memberi pemahaman ilosofi, regulasi dan blueprint pengembangan perbankan Syariah serta dampaknya pada pengurusan bank Syariah. Selain itu peserta juga diharapkan dapat memahami pelaksanaan kebijakan strategis bank Syariah secara umum serta dapat lebih memahami peran Komisaris, Direksi dan Dewan Pengawas Syariah dalam penciptaan tata kelola usaha bank yang baik (Good Corporate Governance).

Kegiatan ini sendiri diikuti oleh 23 peserta yang merupakan direksi bank-bank syariah di Indonesia dan praktisi-praktisi ekonomi syariah. Kegiatan akan dilaksanakan selama 5 hari mulai dari tanggal 29 sampai dengan 1 Mei. Pada hari kedua akan dilaksanakan kunjungan ke Malaysia khusunya ke Bank Negara Malaysia dan Bank Islam Malaysia Berhad.

Sementara itu Dirut Bank Syariah Mandiri Yuslam Fauzi dalam presentasinya di kegiatan tersebut menjelaskan bahwa kinerja perbankan syariah pada dasarnya bukan sekedar bebas Magrib atau Masyir, Gharar dan Riba tetapi lebih kepada esensinya. “Perbankan syariah bukan sekedar bebas Magrib tetapi lebih kepada bagaimana mensejahterakan umat. Oleh karena itu perbankan syariah seharusnya lebih fokus terhadap pembiaayaan UMKM dibandingkan corporate agar ada pemerataan sehingga kesejahteraan umat dapat terwujud,”ungkapnya.

Sumber : PKES Interaktif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...