HSBC Pertimbangkan Operasikan Layanan Syariah di Australia

ekonomi islamRaksasa perbankan HSBC, Senin mengatakan, pihaknya sedang memikirkan memperkenalkan layanan keuangan Islam (syariah) di Australia. “Kami adalah pemain utama dalam keuangan Islam secara global dan itu salah satu ranah yang kita bidik,” kepala eksekutif HSBC Bank Australia, Paulo Maia, kepada Dow Jones Newswires. “Australia mungkin menjadi sasaran berikutnya.”

Menurutnya, permintaan akan layanan unit syariah di negara ini terus meningkat.

Australia termasuk terlambat untuk memperkenalkan layanan perbankan yang sesuai dengan hukum syariah. Namun, negara ini kini terus mengejar ketertinggalan. Salah satunya dengan menggodok aneka aturan perbankan syariah dan menerapkan aneka strategi untuk membuat negara itu menjadi pusat keuangan di kawasan Asia-Pasifik.

Sebuah laporan pemerintah pada 2010 tentang perbankan syariah mengatakan pertumbuhan di bidang jasa keuangan ini. Hal ini didorong oleh investor petrodolar asing yang sistem perekonomian dan keuangan domestiknya terlalu kecil untuk menyerap semua pendapatan ekspor minyak.

Pertumbuhan ini juga sedang didorong oleh pertumbuhan penduduk Muslim yang cepat di seluruh dunia dan peningkatan standar hidup.

Australia, yang memiliki sekitar 365 ribu Muslim, mengatakan pihaknya dalam posisi yang baik untuk melayani hampir satu miliar Muslim yang tinggal di wilayah Asia-Pasifik.

Sumber : Republika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...