HSBC Amanah Tutup Bisnis di Qatar

ekonomi islamUnit Usaha Syariah HSBC, HSBC Amanah mengumumkan akan segera menutup bisnis syariah mereka di Qatar pada akhir tahun. Langkah menutup operasional bank berbasisi syariah ini mengikuti edaran dari Qatar Central bankoredering dimana bank konvensional tidak menawarkan produk-produk dengan prinsip syariah. Hal tersebut disampaikan oleh Steve Bottomley selaku Kepala Stategi dan Perencanaan HSBC untuk Timur Tengah.

“Sesuai dengan surat edaran yang dikeluarkan oleh Bank Sentral Qatar, maka kami akan segera menghentikan operasional unit syariah kami di Qatar pada akhir tahun ini,”terang Bottomley seperti dikutip dalam laman The National, Senin (24/5).

Ia mengungkapkan bahwa pihaknya agak kecewa dengan keputusan yang dikeluarkan Bank Sentral Qatar tetapi meskipun ditutup tidak tertutup kemungkinan melakukan bisnis dengan prinsip syariah di Qatar.

“Namun Qatar tetap menjadi pasar strategis, bersama Arab Saudi, Mesir dan UEA,” jelasnya.

Bettemley juga mengatakan bahwa pihaknya saat ini tengah menjajaki untuk membuka cabang di Oman dan Mesir.

“Bank Sentral Oman telah menyetujui bank syariah beroperasi sedangkan Mesir juga merupakan peluang yang besar setelah adanya pergantian rezim pemerintahan,”terangnya.

Kemudian terkait dengan karyawan yang sudah bekerja di HSBC Amanah, yidak akan diberhentikan tetapi tetap akan diserap oleh induk.

Cabang pertama HSBC Amanah di Qatar telah dibuka Juli 2010 lalu yang dihadiri langsung oleh Kepala Eksekutif bank , Michael Geoghegan, dan Gubernur Bank Sentral, Sheikh Abdullah bin Saud Al Thani. Namun hanya tiga bulan kemudian, bank sentral mengeluarkan edaran melarang bank-bank konvensional membuka unit syariah dan diikuti oleh pengumuman pada Februari yang mewajibkan bahwa bank konvensional menjual unit Islam mereka, jelas Bettemley lagi.

Sumber : IBnews Eramuslim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...