Hijrah Institute Ajari Orang Tua Mengelola Keuangan

ekonomi islamMengasuh dan mendidik anak dengan penuh cinta dan kasih sayang adalah kewajiban bagi setiap orang tua. Terlebih orang tua juga harus mempersiapkan masa depan anak dengan baik agar mampu menghadapi perubahan dan perkembangan zaman yang semakin menantang.

Hal tersebut yang kemudian mendasari Hijrah Institute melakukan edukasi melalui seminar kepada masyarakat khususnya orang tua dalam mendidik anak serta mempersiapkan masa depannya dengan cara mengelola keuangan secara benar dan sesuai syariah.

”Cara komunikasi dengan anak dan pengelolaan keuangan dalam keluarga ternyata topik masalah yang masih sulit dihadapi orang tua,” ujar Elsa Febiola Aryanti, Managing Partner Hijrah Institute yang juga seorang Islamic Financial Planner.

Berkomunikasi dengan anak merupakan bagian penting dalam proses mendidik. Proses yang berjalan tersebut juga harus disertai dengan perencanaan keuangan dengan baik. Sehingga diharapkan proses pendidikan anak dapat terus berlangsung tanpa mengalami kendala finansial.

Namun, kenyataan di lapangan menurut Febi masih banyak orang tua yang tidak cerdas secara finansial, sehingga banyak dari mereka yang tidak bisa mempersiapkan masa depan anak dengan baik dan terencana. “Tidak cerdas finansial kerena memang tidak ada pembiasaan dari kecil,” ujarnya.

Sementara itu, Program Development Hijrah Institute, Karim Sulaiman mengungkapkan Hijrah Institute sebagai lembaga yang bergerak di bidang kosultan keuangan syariah senantiasa mencoba mengedukasi masyarakat dalam mengelola keuangan secara syariah. Ia menilai sampai saat ini pengelolaan keuangan secara syariah khususnya dalam ruang lingkup keluarga masih minim. Hal tersebut dikarenakan adanya paradigma pemikiran bahwa dalam mengelola keuangan adalah urusan masing-masing.

“Pemikiran tersebut yang membuat program edukasi kami sulit menyentuh masyarakat. Oleh karena itu di beberapa kegiatan seminar, kami coba gabung dengan materi lain seperti sex education dan parenting yang memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat,” ungkapnya.

Ia menuturkan digabungnya materi pengelolaan keuangan secara syariah dengan materi lain tersebut, merupakan suatu strategi agar program edukasi yang dilakukan Hijrah Institute dapat menyentuh masyarakat. Sehingga diharapkan masyarakat dapat mengelola keuangannya sesuai syariah.

“Materi lain tersebut dengan materi kami, digabungkan dalam satu acara seminar. Sehingga diharapkan materi kami bisa tersampaikan ke masyarakat, dan masyarakat pun bisa mendapatkan dua pengetahuan sekaligus,” tandasnya.

Sumber : PKES Interaktif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...