Gubernur BI: Bailout Yunani Berita Bagus

ekonomi islamGubernur Bank Indonesia (BI), Darmin Nasution menilai disetujuinya bailout Yunani oleh Uni Eropa merupakan berita bagus untuk perekonomian global. Ia menuturkan langkah ini setidaknya menunjukan adanya kejelasan Eropa dalam mengambil langkah-langkah penyelamatan di kawasan tersebut.

“Ini berita bagus, ini akan berpengaruh besar,” katanya saat ditemui Jumat (28/10). Ia menilai setidaknya hal ini bisa membantu suasa pasar sehingga indeks di dunia menjadi lebih stabil dan gejolak mereda.

Ia mensinyalir bailout Yunani, akan mendorong akan capital inflow dan apresiasi rupiah. “Dampak baik untuk semuanya. Kegugupan pasar selama ini karena ketidakjelasan solusi akan banyak berkurang sehingga bisnis akan tenang,” jelasnya.

Meski demikian, ia menegaskan realisasi dari keputusan Uni Eropa tetap ditunggu. Negara Eropa diharapkan segera melaksanakan komitmen yang mereka buat untuk menyelamatkan Yunani.

Darmin menuturkan seberapa besar pengaruh bailout Yunani pada perekonomian nasional tergantung hal ini. “Seberapa cepat pengaruhnya juga tergantung pelaksanannya kapan,” katanya.

Sumber : Republika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...