Garap Asuransi, Muamalat Rangkul Allianz

ekonomi islamKerjasama antara lembaga keuangan syariah semakin marak dilakukan sebagai upaya meningkatkan pangsa pasar di tanah air. Seperti yang terlihat hari ini, Bank Muamalat Indonesia (BMI) dan Asuransi Allianz Indonesia melakukan kerjasama bancassuranse. Kerjasama tersebut dibuktikan dengan penandatanganan kerjasama antara kedua belah pihak di Allianz Tower, Jakarta.

Kerjasama itu sendiri berupa penyediaan produk-produk unit link asuransi Allianz Life Syariah di seluruh outlet bank Muamalat. Selain it, juga dilakukan penawaran produk melalui directmarketing dan telemarketing.

Direktur Utama Allianz Indonesia, Joachim Wessling mengatakan Allianz sebagai perusahaan asuransi terdepan, sudah sepantasnya memilih mitra yang terdepan juga. Oleh karena itu pihaknya memilih Muamalat sebagai yang terdepan di perbankan syariah Indonesia.

“Untuk mencari mitra secara logis kami memilih Muamalat sebagai bank syariah terdepan di Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu Direktur Ritel BMI, Adrian A Gunadi mengungkapkan pihaknya memang telah melakukan diskusi dengan Allianz terkait kerjasama tersebut sejak 2009. Ia juga optimis kerjasama tersebut dapat memberi nilai tambah bagi kedua belah pihak.

Ia melihat nasabah Muamalat yang berjumlah 1,5 juta menjadi sebuah potensi besar yang bisa digarap dalam kerjasama itu. Terlebih banyak nasabah yang menginginkan produk lain selain produk tradisional perbankan.

“Nasabah kami adalah potensi besar yang bisa digarap. Kerjasama ini adalah kerjasama yang menjanjikan,” ujarnya.

Ia menambahkan kedua pihak menargetkan sekitar 60 miliar nilai premi yang bisa dicapai dengan kerjasama tersebut di tahun 2012. Sedangkan Muamalat menargetkan penambahan fee based income sekitar 15 persen.

“Dengan akad wakalah, kami menargetkan kerjasama ini menambah 15 persen fee based income kami,” tutupnya.

Sumber : PKES Interaktif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...