Forum Riset Perbankan Syariah Tetap Digelar di Yogyakarta

Perbankan SyariahMeski erupsi Merapi masih terus terjadi dan entah kapan akan berakhir, kegiatan Forum Riset Perbankan Syariah (FRPS) insyaAllah mantap digelar di Yogyakarta pada 9 Desember mendatang.
Hal tersebut ditegaskan oleh panitia acara melalui situs resmi FRPS, http://forumriset.ekonomisyariah.org
“Terkait erupsi Merapi yang masih terjadi, walau sudah mulai berkurang pada hari-hari terakhir ini, panitia telah menerima hasil survei dan pendapat dari para ahli/otoritas setempat sehingga kami menyimpulkan bahwa kondisi saat ini masih mendukung terselenggaranya FRPS di UMY pada tanggal 9 Desember 2010 mendatang,” tulisnya.
Walaupun demikian, ditambahkan dalam tulisan tersebut, panitia juga sudah menyiapkan rencana cadangan apabila terjadi hal yang tidak diinginkan. Kepanitiaan FRPS ke-2 ini terdiri dari Direktorat Perbankan Syariah Bank Indonesia, Masyarakat Ekonomi Syariah, Ikatan Ahli Ekonomi Islam, Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam, International Program for Islamic Economic and Finance Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Seperti telah diberitakan sebelumnya, kegiatan ini terbuka untuk umum dan siapa saja yang concern terhadap perbankan syariah boleh menjadi peserta dan juga mengirimkan paper dalam bentuk hardcopy dan softcopy, batas pengiriman adalah tanggal 25 November 2010. Paper yang lolos verifikasi akan dipresentasikan pada acara tersebut dan pemakalah akan diberikan akomodasi selama acara berlangsung. Paper dapat ditulis oleh lebih dari satu orang, namun jika terpilih, panitia hanya menanggung akomodasi untuk satu orang. Peserta terbatas hanya untuk 700 orang dan pendaftaran melalui web akan ditutup pada 5 Desember 2010.
Selain acara inti terkait perbankan syariah, panitia juga menyiapkan program kepedulian atas musibah yang menimpa para saudara kita di Merapi.
Tema FRPS 2010 kali ini adalah “Menuju Sistem Perbankan Syariah yang Sehat, Kuat dan Konsisten terhadap Prinsip Syariah”. Sementara, topik lebih detail dapat dilihat pada situs di atas. Sebagai tambahan, beberapa ketentuan bagi peserta adalah sebagai berikut.
1. FRPS 2010 dibuka untuk para peneliti dengan kategori:
a. Peneliti Pemula (Mahasiswa S1, Sarjana (S1), Mahasiswa S2 atau setingkat)
b. Peneliti Madya/Utama (Magister (S2), Mahasiswa Doktoral, PhD/Dr. (S3) atau setingkat)
2. Paper yang disampaikan kepada panitia akan dipilih 6 paper terbaik dengan rincian 2 paper terbaik dari masing-masing klasifikasi peneliti (peneliti pemula dan peneliti madya/utama) untuk masing topik. Paper wajib dipresentasikan oleh penulis pada seminar FRPS II 2010 yang direncanakan pada tanggal 9 Desember 2010 di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
3. Kepada penulis diberikan kompensasi masing-masing sebesar:
a. Rp. 6.500.000,00 (termasuk pajak) untuk peneliti pemula.
b. Rp. 10.000.000,00 (termasuk pajak) untuk peneliti madya.
4. Kompensasi finansial pemenang paper terbaik akan ditransfer ke rekening penulis pada bank syariah yang ditunjuk, setelah diterima hasil tulisan yang terpilih untuk dipresentasikan pada FRPS 2010.
5. DPbS-BI akan menanggung biaya akomodasi dan transportasi untuk penulis yang berasal dari luar Yogyakarta (penerbangan langsung/perjalanan domestik kelas ekonomi, termasuk dari Malaysia dan Singapura) .
6. Paper merupakan karya orisinal dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya. Dibuktikan dalam bentuk Surat Pernyataan yang ditandatangani di atas materai Rp. 6000,-.
7. Paper yang terpilih akan menjadi hak milik Bank Indonesia untuk keperluan apapun dan dalam bentuk apapun.

Sumber : Ibnews Eramuslim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...