Fatwa Syariah Perdagangan Saham Dapat Tingkatkan Pangsa Pasar

Perdagangan SahamJAKARTA – Fatwa syariah yang didapatkan Bursa Efek Indonesia (BEI) dari Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI) untuk mekanisme perdagangan saham berdampak positif bagi pasar modal dan dapat meningkatkan pangsa pasar.

Direktur Utama BEI, Ito Warsito, di Jakarta, Senin (4/4) mengatakan bahwa fatwa itu diharapkan dapat meningkatkan pangsa pasar dunia pasar modal dalam negeri. “Pihak BEI berusaha mendapatkan fatwa itu agar pangsa pasar lebih lebar. Karena, beberapa kalangan selama ini banyak yang mempertanyakan kehalalan mekanisme perdagangan saham di bursa,” katanya.

Ito menambahkan bahwa fatwa syariah membuat mekanisme perdagangan efek menunjukkan sifat halal.

Direktur Pengembangan BEI, Friderica Widyasari Dewi, menambahkan fatwa syariah dari DSN MUI itu telah diterima pada 8 Maret 2011. Fatwa itu rencananya akan dipublikasikan saat peluncuran indeks syariah yang dilakukan pada pertengahan April 2011.

“Fatwa syariah itu tidak terlepas karena mekanisme perdagangan saham kita yang telah memenuhi kaidah-kaidah syariah. Hal ini sesuai dengan unsur perdagangan pada umumnya yang menganut falsafah berkelanjutan (continous option),” katanya.

Sumber : Republika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...