Enrekang Dorong Berkembangnya Ekonomi Syariah

Ekonomi SyariahBupati Enrekang, Haji La Tinro La Tunrung, berhasil menyelenggarakan seminar ekonomi syariah di daerahnya. Seminar yang menyajikan seluk-beluk prakti keuangan syariah tersebut mendapatkan apresiasi positif dari berbagai pihak termasuk cendekiawan Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Enrekang.

“Saya harap seminar ekonomi syariah bisa berguna dan memberikan pencerahan kepada masyarakat dan perekonomian di sini,” kata La Tinro di Enrekang, akhir pekan lalu.

La Tinro mendorong agar masyarakat Enrekang bisa memahami praktik-praktik keuangan syariah termasuk kegiatan perbankan yang didasarkan pada konsep nilai-nilai Islam tersebut. Menurutnya, selama ini potensi ekonomi masyarakat Enrekang khususnya dan masyarakat Sulawesi Selatan pada umumnya, masih didominasi oleh praktik perbankan konvensional.

“Sungguh sayang kalau masyarakat Enrekang yang mayoritas muslim tidak faham apa itu ekonomi atau perbankan syariah, karenanya masalah ini terus kami dorong untuk disosialisasikan,” tuturnya.

Dikatakan, belum banyaknya masyarakat Enrekang yang memahami ekonomi syariah, tidak terlepas dari masih sedikitnya perbankan syariah yang membuka layanannya di daerah itu. Padahal, potensi ekonomi masyarakat Enrekang sangat menjanjikan untuk perkembangan praktik keuangan yang Islami.

Akibat kondisi tersebut, La Tinro memaparkan, banyak masyarakat Enrekang yang terjebak dalam transaksi utang-piutang dengan model renten yang tidak adil. Masyarakat yang ingin mengembangkan usaha produktif mereka, terpaksa meminjam uang dari para lintah darat demi mendapatkan akses permodalan yang cepat.

“Mungkin kalau masyarakat lebih faham ekonomi syariah dan bisa dilayani oleh lembaga-lembaga keuangan syariah, budaya renten ini akan sendirinya terkikis,” ucap La Tinro.

Sumber : Republika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Loading Facebook Comments ...