Emirates Islamic Bank Minati Bisnis Perbankan Syariah Indonesia

ekonomi islamSuara positif tentang perkembangan bisnis perbankan syariah di Indonesia ternyata mengundang minat berbagai pihak, termasuk pihak Emirates Islamic Bank. Bahkan pada tanggal 19-21 Oktober mereka secara khusus akan melakukan misi dagang ke Indonesia. Emirates Islamic Bank merupakan group dari Emirates National Bank of Dubai (Emirates NBD) yang secara resmi telah terdaftar dalam Dubai Financial Market (DFM).

Berita tersebut telah dikonfirmasi oleh pihak Konsulat Jenderal RI untuk Dubai, Mansyur, dalam siaran persnya, Sabtu (24/9/2011). Dalam keterangan persnya ia juga menuturkan bahwa, pihak Emirates Islamic Bank telah lama mengamati perkembangan ekonomi Indonesia. Selain itu, ekonomi Indonesia sekarang mereka gambarkan mirip dengan kondisi ekonomi China pada periode 45 tahun yang lalu.

Pihak Emirates Islamic Bank juga melihat bahwa Prospek industri keuangan syariah Indonesia juga sangat menjanjikan, serta mereka menilai perbankan Indonesia dinilai sudah sangat sehat, sehingga dapat mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

Hal lain yang menjadi pertimbangan pihak Emirates Islamic Bank adalah meningkatnya jumlah masyarakat kelas menengah (middle class ) di Indonesia, yang mencapai 17 persen dari total populasi 240 juta penduduk dengan mayoritas beragama Islam. Hal itu merupakan salah satu faktor pendukung bagi peningkatan permintaan domestik (domestic demand) yang mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Sistem keuangan dan perbankan syariah di Indonesia yang didukung oleh regulasi dan dasar hukum yang kuat telah mencatatkan perkembangan yang positif, dimana di tahun 2010 jumlah bank syariah meningkat 40 persen. Potensi itulah yang coba diraih pihak Emirates Islamic Bank.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...