Emirates Global-Al Baraka Merger

Emirates Global-Al Baraka
KARACHI–Emirates Global Islamic Bank (EGIBL) dan Al Baraka Islamic Bank telah memperoleh persetujuan regulator untuk merger dalam satu bank yang akan bernama Al Baraka Bank of Pakistan.

President dan Chief Executive Al Baraka Banking Group, Adnan Ahmed Yousif, mengatakan penggabungan usaha tersebut akan membuat Al Baraka Bank of Pakistan memiliki aset lebih dari 582 juta dolar AS. ”Langkah ini muncul sebagai bagian dari strategi Grup untuk memperkuat keberadaan di pasar perbankan syariah,” katanya, seperti dikutip laman cpifinancial, Senin (23/8).

Ia menambahkan, merger tersebut juga akan menciptakan nilai tambah tidak hanya bagi lembaga keuangan syariah yang melakukan merger. Namun juga bagi perbankan dan pasar keuangan syariah di Pakistan yang dianggap sebagai salah satu pasar yang paling penting di dunia Islam.

Chief Executive Officer EGIBL, Syed Tariq Husain, mengatakan EGIBL berkontribusi aset sebesar 175 juta dolar AS dan 60 kantor cabang dalam jaringan Al Baraka Bank of Pakistan. Secara total bank tersebut mempunyai jaringan 89 kantor cabang yang mencakup sekitar 40 kota besar dan daerah di Pakistan. Dengan modal dan jaringan yang luas, Al Baraka Bank of Pakistan pun telah menyesuaikandengan persyaratan modal minimum, serta ketentuan bahwa 20 persen dari kantor cabang harus didirikan di daerah pedesaan.

Al Baraka Banking Group menjadi mayoritas pemegang saham dalam merger tersebut, namun akan bergabung dengan EGIBL karena bank tersebut masuk dalam perusahaan terdaftar di Pakistan. ”Namun mengingat kehadiran Al Baraka Banking Group yang sudah mengglobal, merger ini juga akan membuka jalan ke dunia internasional,” ujar Husain dikutip laman //Express Tribune. Rencana merger sendiri telah dibicarakan oleh kedua belah pihak sejak tahun lalu.

Sumber : Republika.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...