Ekonomi Islam Membutuhkan Banyak SDM

ekonomi islam
Kebutuhan sumber daya manusia untuk program doktor studi ekonomi Islam di Indonesia diperkirakan mencapai sekitar 8.400 orang dalam kurun waktu 10-15 tahun mendatang. “Pertumbuhan ekonomi Islam yang semakin pesat membuat kebutuhan SDM di sektor ini peun semakin meningkat,” kata Suroso Imam Zadjuli, Guru Besar Universitas Airlangga.

Suroso mengungkap hal itu dalam dalam forum yang dihadiri sejumlah perwakilan perguruan tinggi Indonesia dan pelaku ekonomi syariah. Forum dengan tema Membangun Sinergi untuk Mengembangkan Studi dan Ristek Ekonomi Islam di Perguruan Tinggi diselenggarakan di Balai Sidang Jakarta.

Suroso mengatakan dalam jangka menengah –antara lima sampai 10 tahun mendatang– diperlukan sebanyak 38.940 orang lulusan D3 dan doktor bidang ekonomi Islam. Sementara dalam jangka panjang antara 10 sampai 30 tahun SDM yang diperlukan adalah 125.790 orang dari lulusan D3 hingga doktor.

Jumlah SDM tersebut untuk memenuhi kebutuhan di perguruan tinggi, kabupaten/kota, pesantren, tenaga atase perdagangan internasional, dan lembaga keuangan syariah. “Untuk keperluan pembangunan masyarakat madani diperlukan minimal lima doktor ekonomi Islam di tiap kabupaten/kota Indonesia,” kata Suroso.

Dengan demikian untuk kebutuhan di 400 kabupaten/kota seluruh Indonesia diperlukan 2.000 SDM; tenaga pendidik di perguruan tinggi minimal 1000 orang; pesantren 5.000 orang; lembaga keuangan syariah 250 orang; atase perdagangan internasional 150 orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Loading Facebook Comments ...