Dompet Dhuafa Launching Pusat Data Kemiskinan

ekonomi islamIsu kemiskinan yang semakin mencuat menimbulkan banyak kekhawatiran akan terjadinya konflik antar-strata sosial. Indonesia dengan 30% penduduknya berada dalam garis kemiskinan menjadi negara yang rawan dengan huru-hara jika tidak segera diselesaikan.
Dompet Dhuafa, dalam bulan Ramadhan ini, meluncurkan pusat data kemiskinan sebagai bentuk untuk memperkuat penyajian data kemiskinan yang selama ini telah dibuat.

Ahmad Juwaini, Ketua Umum Forum Zakat (FOZ), dalam acara peluncuran di Jakarta kemarin Selasa (23/8) mengatakan, data kemiskinan bagi lembaga zakat sangat penting dengan data tersebut akan memberikan informasi yang akurat tentang sebaran orang miskin di Indonesia.

“Dengan demikian melalui data tersebut dapat dimanfaatkan oleh lembaga zakat dalam menyalurkan zakat agar sesuai dengan sasaran,”ujarnya.

Sementara, Dr. Sonny Hari Harmadi, Ketua Lembaga Demografi UI, menegaskan dengan adanya pusat data kemiskinan tersebut, akan menjadi pembanding bagi lembaga survei atau statistik dalam menilai jumlah kemiskinan yang ada selama ini.

“Saya rasa dengan dinamika demokrasi yang berjalan saat ini perlu sekali lembaga seperti DD memiliki pusat data kemiskinan yang terintegrasi,”ujarnya.

Sumber : PKES Interaktif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...