Dompet Dhuafa Bina 150 BMT

ekonomi islamBanyak pihak kini melakukan berbagai usaha untuk membangun perekonomian umat, terutama di sektor mikro dengan mendirikan lembaga-lembaga keuangan mikro syariah. Salah satu lembaga sosial yang konsen akan hal tersebut adalah Dompet Dhuafa.

Melalui perusahaan permodalan Baitul Maal wat Tamwil (BMT) yang didirikannya, Dompet Dhuafa mencoba mengembangkan dan membina, serta mendirikan BMT-BMT yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Pengembangan BMT telah dilakukan BMT sejak 1994, ketika itu Dompet Dhuafa menggelar serangkaian pelatihan manajemen zakat dan ekonomi syariah. Usai pelatihan para peserta dibekali uang 1-2 juta untuk merintis pendirian BMT.

“Dari dulu kita ikut mengembangkan, membina, lalu mendirikan sekaligus membiayai BMT-BMT. Hal tesebut dilakukan permodalan BMT Dompet Dhuafa,”ungkap Direktur Eksekutif Dompet Dhuafa Ahmad Juwaini di sela-sela peluncuran bukunya yang berjudul Social Enterprise, kamis kemarin (23/6).

Untuk saat ini sudah ada sekitar 150 BMT yang dibina oleh permodalan BMT Dompet Duafa. “Sampai saat ini yang sudah bergabung di permodalan BMT Dompet Dhuafa sudah ada 150 BMT dan itu akan kami terus bina serta kembangkan,”tandasnya.

Sumber : PKES Interaktif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...