Dahsyatnya Silaturahmi Dalam Bisnis

Valentino DinsiBanyak orang mengangap remeh tentang silaturahmi seperti halnya yang diajarkan oleh Rasulullah, pada hal silaturahmi memiliki dimensi yang sangat luas dan kaya dalam pengembangan bisnis. Pentingnya silaturahmi dalam pengembangan bisnis merupakan salah satu materi yang diajarkan oleh motivator entrepreneur, Valentino Dinsi dari Muslim Coach.

Menurutnya, saat seminar yang dihadiri oleh 300 calon wirausaha di gedung Perum Pegadaian, Valentino menegaskan, bahwa cara-cara silaturahmi itulah yang sebenarnya membangkitkan nuansa bisnis.

Ia menjelaskan, ketika silaturahmi Valentino berharap, masing-masing individu memperkenalkan diri tentang bisnis apa yang selama ini digeluti. Setelah itu ia meminta agar masing-masing individu menawarkan diri sebuah sinergi bisnis apa yang bisa dikerjasamakan.

“Jika hal ini dilakukan terus-menerus saya rasa memudahkan untuk seseorang dalam mempraktekkan bisnis,”ungkapnya.

Diakui oleh Valentino, menjadi wirausahawan butuh keuletan tersendiri, selain memiliki jaringan yang diperoleh melalui silaturahmi, seseorang harus memiliki skill dan memiliki visi bisnis.

“Maka skill dan visi bisnis harus menjadi kesatuan selain silaturahmi yang selama ini dijalankan,”ujarnya.

Mengubah watak wirausahawan—bagi Valentino tak semudah membalikkan telapak tangan, ada permasalahan mental dan psikologi yang harus diuraikannya. Meski demikian, bagi dia tak pesimis untuk melakukannya, apalagi dia memiliki moto “Satu Keluarga Satu Wirausahan” yang harus diwujudkannya.

Sumber : PKESInteraktif.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...