Daftar Negara Penerbitkan Sukuk Global

Sukuk Global
Zona Ekonomi Islam–Indonesia, negara dengan pertumbuhan perekonomian terbesar di Asia Tenggara, berencana menerbitkan sukuk global pada semester satu 2011 dan sukuk ritel pada kuartal pertama 2011. Dirjen Pengelolaan Utang Kementerian Keuangan, Rahmat Waluyanto, dikutip laman Bloomberg, Kamis (23/9) menyebut sukuk akan diterbitkan melalui private placement sebesar Rp 2 triliun di tahun ini.

Selain Indonesia, sejumlah negara juga akan melakukannya. Pemerintah Turki mempertimbangkan menerbitkan sukuk setelah Kuveyt Turk sukses menjual sukuk pertama di negara tersebut. Di negara lainnya seperti Pakistan juga berencana menjual sukuk yang jatuh tempo dalam waktu satu tahun di pasar domestik pada akhir bulan ini.

Berdasar data Bloomberg, penjualan sukuk global sampai saat ini tercatat 10,7 miliar dolar AS. Total penerbitan sukuk tahun lalu mencapai 20,2 miliar dolar AS, naik dari jumlah 14,1 miliar dolar AS pada 2008. Negara lainnya adalah Sudan, Kazakhstan, Filipina, Thailand, Yordania, Libanon, dan Luxenburg.

Sumber : Republika online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Loading Facebook Comments ...