CIMB Thailand Kembangkan Perbankan Syariah

CIMBGeliat bank swasta untuk mengembangkan sistem perbankan syariah tidak hanya semarak di Indonesia saja, tapi juga terjadi di Thailand. Sebab, di negara dengan mayoritas penduduknya menganut agama Budha itu, sistem finansial islami ini sudah mulai bisa diterima oleh masyarakatnya.

President and CEO CIMB Thai, Subhak Siwaraksa, mengatakan penduduk di Thailand sudah mulai tertarik pada produk perbankan syariah, meskipun instrumennya masih sangat minim. Karena itu, CIMB Thai berencana menerbitkan sukuk di Thailand, seperti yang sudah dilakukan di Malaysia bekerja sama dengan CIMB Grup. Meski sudah ada niat, CIMB Thai masih mengunggu waktu yang tepat untuk menerbitkan sukuk. “Kerena tidak gampang juga keluarkan sukuk bond di Thailand meski pangsa pasarnya cukup bagus. Masih perlu banyak sosialisasi,” kata Subhak, di Kantor Pusat CIMB Thai, Bangkok, Thailand, Jum’at (11/3).

Selain perlu banyak sosialisasi, perkembangan perbankan syariah di Thailand terkendala minimnya infrastruktur. Karena, sistem pembayarannya masih terbiasa dengan obligasi konvensional, bukan sistem bagi hasil syariah.

Selama ini sistem syariah Thailand banyak dijalankan oleh The Islamic Bank of Thailand. Meski CIMB Thai tidak punya anak usaha syariah, namun mengacu pada induknya, CIMB Grup, penerbitan instrumen sukuk akan membuka peluang untuk pengembangan perbankan syariah di Thailan dengan 80 persen penduduknya memeluk agama Budha. “Penduduk muslim di sini sekitar 10 persen,” kata Subhak.

Sumber : Republika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...