Cara Meningkatkan Dana Pihak Ketiga

 Cara Meningkatkan Dana Pihak KetigaBerbagai cara dilakukan bank syariah demi mendekatkan diri ke masyarakat, dan tentunya, meningkatkan Dana Pihak Ketiga (DPK). Seperti yang dilakukan oleh Bank Muamalat yang mencanangkan program bulan diskon bagi nasabah pemegang kartu ATM Muamalat di berbagai merchant. Selain itu, gelontoran hadiah lainnya pun menunggu untuk para nasabah setia lewat Muamalat Berbagi Rezeki. Tak tanggung-tanggung, mobil Honda Odyssey dan Honda Jazz siap untuk dibagikan, adapula 70 paket Umroh ke tanah suci, 200 keping koin emas 24 karat seberat 5 gram dan 100 buah rekening tabungan haji Arafah dengan saldo masing-masing Rp 1 juta.

Tak heran jika Bank Muamalat terkesan banyak memanjakan nasabahnya karena sebelumnya, Head of Corporate Communication Bank Muamalat Indonesia, Meitra N. Sari (Nino), menyatakan bahwa pihaknya tengah bersiap untuk melakukan perubahan besar pada 2011. Era yang disebutnya sebagai tahun transformasi itu bahkan dirasakan ‘demamnya’ sejak sekarang.

“Ini adalah saat yang exciting untuk Bank Muamalat untuk lepas landas di 2011,” ujar Nino.

Di lain pihak, Direktur Bank Muamalat Indonesia, Andi Bukhari beberapa waktu lalu juga ‘bergerilya’ ke beberapa mal untuk memasyarakatkan produk perbankan syariah kepada kaum muda.

“Mereka merupakan pasar yang potensial, karena didalamnya selain para calon intelektual (pelajar dan mahasiswa), juga ada pengusaha muda. Seperti yang terlihat di mall-mall, banyak sekali kaum muda yang membuka usahanya meski secara kecil-kecilan,” kata Andi.

Berbagai usaha tersebut membuahkan hasil. Terlihat dari kenaikan laba operasional yang diraih Bank Muamalat per triwulan III 2010, yakni sebesar 152%. Secara year on year (YOY), laba tahun berjalan per 30 September 2009 sebesar Rp55,304 milyar sementara per 30 September 2010 naik menjadi Rp139,793 milyar. Pembiayaan juga meningkat dari Rp 11,282 triliun per September 2009 menjadi Rp 13,770 triliun per September 2010. Hal serupa juga terjadi pada aset bank yang meningkat 20,21% yaitu dari Rp 14,74 triliun menjadi Rp 17,72 triliun. Sementara Dana Pihak Ketiga (DPK) meningkat dari Rp 12,17 triliun menjadi Rp 13,85 triliun.

Saat ini, 330 kantor layanan Bank Muamalat sudah tersedia di seluruh Indonesia dan Kuala Lumpur, Malaysia, ditambah pula dengan layanan di lebih dari 4.000 cabang kantor pos, dan sekitar 130.000 merchant debit untuk kemudahan berbelanja dengan menggunakan kartu ATM Muamalat. Tahun ini, Bank Muamalat juga menambah 150 mesin ATM untuk mencapai target menjadi 1.000 terminal ATM pada akhir tahun 2014.

Sumber : Ibnews Eramuslim

Subscribe /Share

Share on Facebook Digg This! Subscribe to our RSS feed. ">

Article by Choir

Authors bio is coming up shortly. Choir tagged this post with: cara, cara meningkatakan, dana pihak ketiga, DPK Read 1547 articles by
It's very calm over here, why not leave a comment?

Leave a Reply




*