BUMN Diharapkan Manfaatkan Perbankan Syariah

BUMN
JAKARTA–Untuk mendorong perkembangan perbankan syariah yang lebih cepat, BUMN diharapkan bisa memanfaatkan perbankan syariah. Perbankan syariah yang terus tumbuh dinilai belum dimanfaatkan secara maksimal oleh sektor riil khususnya perusahaan pelat merah baik untuk mencari pembiayaan atau menempatkan dananya.

Direktur Bank Syariah Mandiri, Hanawijaya, berharap pemerintah dapat mendorong perusahaan milik negara untuk menggunakan pembiayaan atau menempatkan dananya di bank syariah. Langkah itu diperlukan demi mendorong pertumbuhan industri perbankan syariah.

”Pemerintah atau DPR setidaknya bisa meminta BUMN menggunakan skim pembiayaan di bank syariah. Dengan perdagangan yang baik, pertumbuhan bank syariah juga akan semakin baik,” cetusnya di Jakarta, Jumat (6/8).

Ketua Bidang Organisasi dan Pembinaan Anggota Asosiasi Bank Syariah Seluruh Indonesia (Asbisindo), Saifudin Hasan, melihat walau pemerintah telah memberi sejumlah regulasi untuk mendorong ekonomi syariah seperti UU Perbankan Syariah, tetapi peran pemerintah yang paling terlihat baru sebatas pada penerbitan sukuk.

”Kalau saja dana APBN ditaruh di bank syariah akan mampu meningkatkan aset perbankan syariah. Di sisi kebijakan juga setidaknya pemerintah dapat membuat regulasi distribusi konsumsi sesuai syariah,” papar Saifudin.

Di sisi lain, Saifudin menambahkan, dengan belum banyaknya yang menerapkan transaksi syariah, itu menunjukkan potensi pasar masih besar. Dengan keterlibatan semua kelompok pelaku sektor moneter dan riil serta pemerintah, ia meyakini hal tersebut akan dapat meningkatkan signifikan aset lembaga keuangan syariah.

Sumber : Republika.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...