BSM Dipercaya Salurkan Dana PKBL Pelindo II

BSMBank Syariah Mandiri (BSM) mendapat kepercayaan menyalurkan dana Program Kemitraan dan Bina Lingkungan PT Pelabuhan Indonesia II (Pelindo II) sebesar Rp 15 miliar. Guna menjaring para calon penerima manfaat dana PKBL, BSM dan Pelindo II serta Pemerintah Kota Jakarta Utara melakukan penandatanganan kerja sama dengan Komite Masyarakat Jakarta Utara (Kom-Ju). Acara penandatanganan dilakukan di aula Pemkot Jakarta Utara, Kamis (14/10).

Senior Manajer Kemitraan Bina Lingkungan Pelindo II, Lunggana, mengatakan, pihaknya akan menambah dana PKBL jika penyerapan dana tersebut terbukti mampu bermanfaat bagi peningkatan ekonomi masyarakat Jakarta Utara. ”Kami sudah berkomitmen menyalurkan semua dana PKBL kami untuk masyarakat Jakarta Utara. Kalau Rp 15 miliar ini mampu terserap dengan baik, maka nanti ditambah lagi,” ujar Lunggana.

Dia melanjutkan, pada tahun-tahun sebelumnya, dana PKBL Pelindo II masih disebar untuk masyarakat yang membutuhkan di luar Jakarta Utara. Namun, karena lokasi bisnis Pelindo II berada di wilayah Jakarta Utara, maka Pelindo II memutuskan penyaluran PKBL mereka difokuskan untuk masyarakat Jakarta Utara. ”Tapi ingat, ini bukan hibah tapi dana bergulir. Jadi memang harus diberikan untuk mereka yang mau membuka usaha sehingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Jakarta Utara,” ucap Lunggana.

Kepala Cabang BSM Tanjung Priok, Novandri Yudha Iskandar, menerangkan, penyaluran dana akan memperhatikan aspek-aspek potensi dan kelayakan usaha yang bakal dijalankan penerima dana PKBL. Proses pengajuan dan penilaian pemohon dana PKBL akan dilakukan bersama Kom-Ju selaku organisasi masyarakat yang juga menjadi mitra PKBL Pelindo II.

Sejauh ini, Novandri melanjutkan, dana PKBL Pelindo II yang sudah disalurkan mencapai Rp 7 miliar. ”Jadi masih sisa Rp 8 miliar dan ini akan kita usahakan terserap sebelum akhir tahun,” kata Novandri.

Sumber : Republika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...