BSM dan Muamalat Dominasi Laba Bank Syariah

ekonomi islamPT Bank Syariah Mandiri dan PT Bank Muamalat masih mendominasi pencetak laba terbesar di antara seluruh perbankan syariah di Indonesia.

“Dari keuntungan bank syariah sekitar Rp700 miliar, masih didominasi kedua bank tersebut,” kata Direktur Direktorat Perbankan Syariah Bank Indonesia Mulya Siregar, di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Senin 5 September 2011

Menurut dia, pencapaian itu wajar karena kedua bank itu merupakan pemain lama. Aset Bank Syariah Mandiri mencapai 38 persen dari seluruh aset bank syariah. Sementara itu, aset Bank Muamalat mencapai 21 persen.

Total aset kedua bank tersebut hampir mencapai 60 persen dari seluruh bank syariah. Jika keduanya mendominasi laba, hal itu wajar dibanding 8 bank syariah yang baru.

“Yang lain masih coba-coba kelihatannya. Kecepatan tumbuh yang tinggi itu BNI dan BRI Syariah, yang lainnya masih belum,” tambahnya.

Bank syariah yang lain, menurut dia, masih dalam tahap konsolidasi dengan induknya. Jika induknya sudah memberikan dukungan penuh, kemungkinan bisa tumbuh cepat seperti BNI dan BRI Syariah.

Mulya mengatakan, bank syariah harus membangun jaringan dan meningkatkan sistem teknologi informasi agar dapat tumbuh cepat.

Sumber : VivaNews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...