BMT Permudah Pembiyaan Pertanian

BMTMinimnya pembiyaan bank syariah ke sektor pertanian tak menjadikan konsep ekonomi syariah tak bisa diterapkan dalam bidang pertanian. Justru sebaliknya pembiayaan pertanian dalam lembaga keuangan mikro syariah (LKMS) bisa dilakukan dengan baik.

Pernyataan tersebut dikemukakan oleh, Ketua Umum Induk Koperasi Syariah (Inkopsyah) BMT, Abdullah Yazid, yang mengatakan, bahwa di BMT-BMT banyak anggotanya yang terdiri para petani dengan mudah mendapatkan pembiayaan.

Diakui olehnya selama ini banyak perbankan yang enggan melakukan pembiayaan pertanian, hal ini terkait dengan tingginya resiko dan waktu panen produk pertanian yang tak bisa di tentukan tiap bulan.

Tapi menurutnya, dalam konsep BMT hal itu bisa dilakukan dengan baik, apalagi selama ini manajemen selalu berhubungan baik dengan anggota dan hasil panen sudah sering diketahui. “Jadi dengan akad yang fleksible antara BMT dan anggota mempermudah penyaluran pembiayaan tersebut dan ini sangat berbeda dengan perbankan,”paparnya.

Agar perbankan mampu menyalurkan pembiayaan kesektor pertanian, Abdullah Yazid, meminta agar bank bermitera dengan LKMS, alasannya untuk mempermudah dan mengurangi tingkat resiko.

Sumber : PKES Interraktif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...