BMI Cabang Bogor Tetap Kuasai Mayoritas Porsi Linkage

BMI
Zona Ekonomi Islam–Bank Muamalat Indonesia (BMI) cabang Bogor mempertahankan porsi di atas 50 persen dari portofolio pembiayaan untuk program kemitraan (linkage program). Pada tahun ini BMI cabang Bogor memiliki porsi linkage program 60 persen.

Kepala cabang BMI Bogor, Rina Sulistianing, mengatakan linkage program BMI di antaranya telah bekerja sama dengan 34 koperasi karyawan, tiga BMT, Permodalan BMT, dan Induk Koperasi Simpan Pinjam. ”Untuk linkage program di tahun ini sekitar 60 persen dari portofolio total pembiayaan BMI Bogor Rp 139 miliar. Selebihnya pembiayaan disalurkan ke usaha menengah seperti telekomunikasi dan jasa konstruksi,” kata Rina, ditemui usai peresmian kantor Permodalan BMT Ventura di Equity Tower, Selasa (5/10).

Total pembiayaan Rp 139 miliar per September adalah sekitar 80 persen dari target pembiayaan BMI Bogor tahun ini. Untuk kerja sama dengan Permodalan BMT, jelas Rina, pihaknya telah mengucurkan dana Rp 2 miliar pada tahap awal yang direalisasikan sebelum hari raya Idul Fitri lalu. ”Untuk pembiayaan selanjutnya kita lagi coba proses sampai Rp 10 miliar,” ujarnya.

Ia memaparkan, dalam kemitraan dengan Permodalan BMT fasilitas pembiayaan dilakukan dengan pola executing dan menggunakan akad musyarakah. Untuk pembiayaan tersebut, lanjut Rina, BMI pun melakukan analisa terhadap end user yang direkomendasikan Permodalan BMT. Dia juga menuturkan, untuk end user pembiayaan kerja sama dengan Permodalan BMT saat ini baru di sekitar wilayah Sumedang (perdagangan dan pertanian), Bandung dan Majalengka (perdagangan).

Namun di tahap kedua pihaknya akan memperluas ke wilayah lainnya, seperti Wonosobo dan Yogyakarta. Per September BMI cabang Bogor mencatat aset Rp 218 miliar dan dana pihak ketiga Rp 207 miliar. Dari jumlah DPK tersebut sebanyak Rp 90 miliar berupa tabungan, Rp 96 miliar deposito, dan sisanya giro.

Sumber : Republika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Loading Facebook Comments ...