BJB Syariah Tawarkan Solusi Pendanaan dan Investasi

ekonomi islamGadai Emas BJB Syariah Jadi Solusi Pendanaan dan Investasi

Layanan gadai emas di Bank BJB Syariah, merupakan satu layanan yang cukup diminati oleh masyarakat. Pasalnya, lebih mengutamakan pada aspek kenyamanan dan keamanan pelayanan. Apalagi layanan ini sangat praktis dan mudah dilakukan.

Layanan gadai emas di Bank BJB Syariah, merupakan fasilitas pembiayaan dengan jaminan berupa emas, dan mengikuti prinsip gadai atau rahn. Emas tersebut ditempatkan dalam penguasaan dan pemeliharaan bank dengan mengenakan biaya sewa atas dasar prinsip sera atau ijarah.

Objek yang dapat diterima sebagai jaminan, antara lain emas dalam bentuk perhiasan seperti kalung, gelang, cincin dan lainnya. Bisa juga berbentuk koin atau uang emas seperti dinar, souvereign, eagle dolar, juga emas batangan atau lantakan seperti logam mulia, emas london dan leburan wahyu. Sehingga masyarakat bisa menggunakan layanan ini sesuai dengan kebutuhan.

Pada dasarnya layanan gadai emas ini, ditujukan untuk memberikan kemudahan kepada para nasabah dan masyarakat guna mendapatkan dana talangan.

Terutama pada saat membutuhkan dana talangan mendesak, maupun untuk keperluan bisnis. Namun demikian, layanan gadai emas sebetulnya bisa saja dijadikan sebagai investasi, layanan ini sangat menguntungkan. Apalagi pertumbuhan kenaikan harga emas cenderung terus meningkat, rata rata pertumbuhan harga emas naik antara 20% hingga 30% setiap tahunnya.

Saat ini, bank-bank syariah berlomba membuka bisnis gadai karena prosedur dan persyaratan yang tidak rumit dan mudah, selain itu dari sisi resiko kreditnya aman karena adanya objek gadai yang dijaminkan di bank (collateral base). Dalamm hal ini mengapa lebih baik emas digadaikan daripada dijual, karena digunakan sebagai pelindung nilai (hedging), tahan inflasi, & karena harga emas cenderung naik.

Jadi Jembatan

Bank BJB Syariah bisa menjembatani atau memfasilitasi hal tersebut, sehingga tidak heran layanan gadai emas Bank BJB Syariah sangat diminati oleh para nasabah dan masyarakat.

Tingginya minat masyarakat terhadap layanan gadai emas tersebut, bisa dilihat dari sisi pertumbuhan layanannya. Pada setiap semesternya mengalami pertumbuhan hingga 100 persen lebih. Seperti diungkapkan Yane Roosyana, Banking Sales support Divison Head Bank BJB Syariah, Rabu (3/8).

Dikatakannya, minat masyarakat dan nasabah terhadap layanan gadai syariah cukup tinggi, karena kemudahan dan kecepatan layanannya. “Pertumbuhan penyaluran dana talangan terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Seperti pada bulan Mei 2010, dana talangan yang tersalurkan mencapai Rp 66 miliar, pada akhir tahun 2010 penyaluran dana talangan naik 100% menjadi Rp 120 miliar. Bahkan sekarang pencapaian oustanding per Juli 2011 mencapai Rp 195 M,” jelasnya.

Tingginya pertumbuhan layanan gadai emas ini, diluar perkiraan. Pada tahun 2011 Bank BJB Syariah menargetkan penyaluran Rp 200 miliar. Namun, hingga pertengahan tahun ini saja sudah mencapai Rp 192 miliar sehingga target Rp 200 miliar tersebut, bisa dicapai dalam jangka waktu dekat ini. “Target tinggal sedikit lagi, oleh karena itu ada kemungkinan ada revisi target,” katanya.

Dipaparkan Yane, saat ini layanan gadai emas Bank BJB syariah mengalami pertumbuhan yang cukup baik. Hal itu tidaklah lepas dari kinerja Bank BJB Syariah yang terus dioptimalkan. Salah satunya dengan gencarnya sosialisasi yang dilakukan.

Namun demikian dalam hal ini masih saja ada kendala yang dihadapi. Terlebih saat ini masyarakat masih belum mengenal layanan layanan perbankan syariah. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Bank BJB syariah akan mengoptimalkan sosialisasi terhadap layanan layanan yang ada.

“layanan gadai emas ini perlu langsung disampaikan kepada masyarakat dan tidak cukup hanya dengan brosur saja. Tetapi kita harus menyampaikannya langsung, sehingga ada terjalin interaksi dan komunikasi, baik bersifat tanya jawab ataupun lainnya,” katanya.

Selama ini, layanan gadai emas banyak diminati kalangan menengah keatas. Terlebih layanan ini memberikan penawaran yang cukup menguntungkan bagi para nasabah. Saat ini Bank BJB Syariah banyak menggalang nasabah dari berbagai sektor untuk layanan gadai emas ini, seperti sektor perdagangan dan pelaku usaha, komunitas, dan lainnya.

“Bahkan banyak juga nasabah non muslim yang memanfaatkan layanan ini untuk pengembangan bisnis dan usahanya. Karena memang layanan bank syariah sendiri memiliki banyak keunggulan dibandingkan bank konvensional dan lebih transparan,” katanya.

Sumber : Galamedia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...