Biayai Sektor Mikro, BNI Syariah Bersinergi Dengan PINBUK

BNI SyariahBesarnya peluang bisnis dipembiayaan mikro membuat BNI Syariah terus melakukan penetrasi pasar dengan cara melakukan program sinergi dengan para komunitas mikro seperti Pusat Inkubasi Bisnis Usaha Kecil dan Menengah (PINBUK). Model tersebut menurut Direktur Utama BNI Syariah, Risqullah sangat effektif untuk bermain pembiayaan di mikro.

Dalam penyampaian materi yang dihadiri oleh para pengurus PINBUK diberbagai daerah kemarin, ia menegaskan, bahwa BNI Syariah memiliki komit dalam pengembangan mikro syariah di Indonesia. Hal ini tercermin dari produk-produk yang dimikili oleh BNI Syariah berorientasi pada pengembangan UKM.

Rizqullah menyebutkan produk-produk BNI Syariah yang sesuai dengan kebutuhan UKM diantaranya adalah Tunas Usaha iB Hasanah dengan limit maksimal Rp.500 juta dan Pembiayaan “Wirausaha iB Hasanah” dengan limit maksimal Rp.1 milyar, dengan skema musyarakah, murabahah ataupun mudharabah.

Dengan produk-produk tersebut diakui olehnya memiliki manfaat besar bagi pelaku UKM yang ada selama ini.

Untuk mengembangkan pembiayaan mikro, Rizqullah melihat perlu menggandeng lembaga keuangan mikro syariah (LKMS) menurutnya merekalah yang selama ini memiliki anggota pelaku UKM. Baginya saat ini sektor mikro sangat khas, sehingga treatment yang diberikan sangat khusus dan khas pula sebab return dari sektor ini sangat besar dan NPFnya kecil.

Sementara Ketua PINBUK Prof Amin Aziz mengungkapkan pentingnya linkage antara LKMS dan bank syariah. Apalagi bank syariah masih memiliki keterbatasan khususnya dalam marketing dan jaringan. “Lingkage program saya rasa sangat ideal dalam memgembangkan bisnis keuangan syariah di Indonesia,”terangnya.

Sumber : PKES Interaktif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...