BI Siap Terbitkan Surat Edaran Ketentuan Gadai Emas

BI Siap Terbitkan Surat Edaran Ketentuan Gadai EmasBank Indonesia (BI) siap menerbitkan Surat Edaran (SE) tentang ketentuan pembiayaan gadai emas. Direktur Direktorat Perbankan Syariah BI, Mulya Effendi Siregar, Jumat (17/2) mengatakan “Plafon (pembiayaan) Rp 250 juta, iya. Nilainya naik dari rencana Rp 100 juta,“ . Jadi, setiap nasabah hanya bisa menggadaikan emas dengan nilai pembiayaan maksimal Rp 250 juta. Penerbitan Surat Edaran ini tinggal menunggu proses peninjauan aspek hukum (legal review).

Dalam Surat Edaran tersebut, tidak hanya plafon pembiayaan yang ditetapkan BI. BI juga menerapkan sejumlah syarat untuk gadai emas diantaranya nilai gadai (Finance to Value/FTV), porsi pembiayaan, dan jumlah tingkat gadai. Bank syariah diwajibkan memberi nilai gadai 80 persen. Sementara untuk pembiayaan gadai (qardh) di bank syariah, tidak boleh lebih dari 20 persen dari total portofolio pembiayaan. Jumlah tingkat gadai yang telah disampaikan dalam pertemuan dengan bank syariah sebelumnya itu tidak boleh lebih dari dua kali.

Surat Edaran ini dimaksudkan untuk mencegah spekulasi dalam transaksi gadai emas di bank syariah. Selain itu, pembiayaan gadai emas diharapkan lebih bermanfaat untuk kepentingan sosial. Untuk tujuan itu, BI ingin mengembalikan gadai emas untuk pembiayaan mendesak dengan nasabah dari masyarakat ekonomi kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...