BI : Sektor Mikro Makin Diminati Perbankan

ekonomi islamSegmen mikro semakin dirlik oleh perbankan di tanah air. Terbukti saat ini banyak bank yang mendirikan unit mikro. Terlebih sektor tersebut juga menjadi perhatian pemerintah yang direalisasikan dengan program Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Direktur Kredit, BPR dan UMKM Bank Indonesia (BI), Edy Setiadi mengatakan perbankan kini mulai berlomba-lomba untuk bisa masuk ke sektor mikro. Bagi bank yang tidak memiliki kapasitas untuk masuk ke sektor tersebut, bank biasa menggunakan linked program.

“Dengan linked program, hampir 1500 BPR di manfaatkan oleh bank untuk bisa masuk ke sektor mikro. Dan saat ini sudah mencapai 8 triliun jumlah kredit yang disalurkan melalui linked program,” ujarnya.

Untuk perbankan syariah, Edy menilai hadirnya Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS), induk koperasi syariah dan Baitulmaal Waa Tanwil (BMT)sangat membantu perbankan syariah untuk bisa menjangkau sektor mikro.

“Adanya BMT-BMT dan Inkopsyah itu sangat bagus. Karena menjadi chanel-chanel bagi perbankan syariah untuk meyalurkan dananya ke sektor mikro,” tandasnya.

Sumber : PKES Interaktif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...