BI Optimis Lampaui Market Share 5 Persen

BIBank Indonesia optimis pangsa pasar industry perbankan syariah bisa lampaui 5 persen dari share saat ini 3,4 persen pada 2015 mendatang. Hal tersebut dinyatakan oleh Halim Alamsyah selaku Deputi Gubernur BI.

“Dengan dimulainya Masyarakat Ekonomi Syariah tentu akan berdampak kepada meluasnya pangsa pasar ,bertambahnya produk dan meningkatnya kepedulian masyarakat terhadap industry keuangan syariah. Hal ini disebabkan oleh bank syariah bergubungan langsung dengan sektor riil,” jelas Halim Alamsyah dalam Seminar yang mengangkat tema ““Can the Indonesian Islamic Finance Sustain the High Growth Regime Up to 2015 Beyond?”di Grand Hyatt Hotel Yogyakarta, Rabu (20/4).

Dia mengatakan kita dapat melihat akselarasi industry perbankan yariah di setiap negara , dimana pada awalnya berjalan pelan kemudian pada satu titik akan melonjak dan titik itu bisa kita capai pada 2015.

Hingga Maret 2011, market share perbankan syariah mencapai 3,4 persen dengan total asset sebesar Rp 104 triliun dengan capaian Dana Pihak Ketiga berjumlah Rp76,7 triliun dan pembiayaan yang disalurkan mencapai Rp73,6 triliun.

Halim juga menerangkan ada tiga hal utama menjadi fokus otoritas dalam mengembangakan industry perbankan syariah yaitu sosialisasi, pengembangan produk dan mempersiapkan regulasi yang mendukung. Selain itu kepastian hukum dan insentif juga sangat penting bagi bank syariah yang akan berdampak bagi kepercayaan sehingga mendorong ekspansi di sektor ini.

Sumber : IBnews Eramuslim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...