BI Berharap Pembiayaan Franchise Lebih Besar

ekonomi islamBisnis franchise atau waralaba kini memilki potensi yang sangat menjanjikan. Terbukti pada tahun 2010 tercatat omzet seluruh usaha waralaba mencapai Rp114,6 triliun. Potensi tersebut pun tidak disia-siakan oleh bank syariah. Kini beberapa bank syariah telah melakukan kerjasama dalam hal pebiayaan dengan beberapa franchisor.

Kepala Biro Penelitian, Pengembangan, dan Pengaturan Perbankan Syariah Bank Indonesia (BI) Tirta Segara mengungkapkan bahwa dengan adanya kerjasama antara bank syariah dengan franchisor maka bank syariah bisa lebih inovatif dalam hal produk, sehingga dapat memenuhi kebutuhan konsumen.

“Dengan adanya kerjasama, bank syariah bisa lebih inovatif produknya, bisa memenuhi kebutuhan konsumen. Dulu produk bank syariah terbatas jadi pembiayaannya lebih kepada produk turunan franchise seperti pembiayaan ruko, modal kerja, dan bahan baku tapi untuk pembiayaan franchisenya itu sendiri belum,”ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan bahwa franchise dan bank syariah memiliki kemiripan yaitu berbasis kemitraan dan bisnis bagi hasil. Sehingga BI berharap perbankan syariah dapat menjadi mitra bisnis franchise terutama dalam hal pembiayaan.

“Franchise adalah bisnis berbasis kemitraan dan bisnis bagi hasil, secara natural mirip dengan usaha perbankan syariah yang kemitraan dan juga bagi hasil. Harapan BI pembiayaan franchise ini makin besar karena ini memang bisnis yang mirip,”tandasnya.

Sumber : PKES Interaktif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...