BI Berharap Akademi Ciptakan Banyak SDM Syariah

BIUntuk memenuhi kebutuhan SDM Perbankan Syariah, Bank Indonesia (BI) terus melakukan sosialisasi kepada para akademik. Kali ini di Jawabarat BI mengadakan sosialisasi kepada para praktisi pendidikan dan akademik untuk memenuhi permintaan dari perkembangan perbankan syariah yang semakin pesar.

Dalam Sosialisasi tersebut dibuka oleh Direktur Perbankan Syariah BI cabang Jawa Barat Gunawan Setiawan dengan dihadiri oleh 50 dosen perwakilan PT di Jawa.

Dikesempatan itu, Gunawan Setiawan, mengatakan pertumbuhan perbankan syariah semakin pesat tapi disatu sisi terkendala dengan permasalahan sumber daya manusia (SDM). “Permasalahan-permasalahan tersebut yang ingin kami sinergikan dengan lembaga PT,”ujarnya.

Ia mengakui, perkembangan industri perbankan syariah harus seiring dengan jumlah SDM yang ada jika ini tak terpenuhi pengembangan perbankan syariah akan mengalami kemunduran.

Senada dengan Gunawan, Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti, Sofyan Safri Harahap, mengatakan saat diperlukan SDM yang berkualitas yang dapat memenuhi pertumbuhan perbankan syariah selain itu perlu menciptakan trainer-trainer di bidang pendidikan terutama pada kampus yang mampu mengajak umat untuk menggunakan sistem ekonomi syariah.

Baginya, sangat terasa sekali kebutuhan SDM Syariah sangat sedikit sekali yang kualitatif di Industri tersebut, disaat pertumbuhan perbankan syariah semakin pesat. Terbukti dengan banyak permintaan dari terbukannya Perbankan dan Unit Syariah di Indonesia. “Oleh karena itu, para dosen menjadi ujung tombak untuk mendidik para calon SDM yang bergelut dalam ekonomi Syariah,”paparnya.

Sumber : PKES Interaktif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...