Bermuda Bersiap Jadi Hub Keuangan Syariah

Bermuda Bersiap Jadi Hub Keuangan Syariah
Industri keuangan syariah kian meluas ke berbagai belahan dunia. Pesonanya pun menarik perhatian Bermuda, wilayah teritorial Inggris di Samudra Atlantik, di mana rencananya akan terdapat lembaga keuangan syariah pertama yang akan mulai beroperasi di akhir tahun ini.

Hal tersebut diungkapkan Deputi Perdana Menteri dan Menteri Keuangan Bermuda, Paula A Cox, saat mengunjungi Bahrain beberapa waktu lalu. Dengan mengembangkan industri keuangan syariah di Bermuda, pihaknya membidik peluang menjadi hub keuangan dan perbankan syariah bagi Amerika.

Cox menggandeng Bahrain untuk bekerja sama membangun industri keuangan syariah di negaranya. Bermuda ditargetkan memiliki bank atau asuransi syariah pertama pada kuartal empat 2010. Dia mengungkapkan, salah satu kesepakatan yang dilakukan dengan Bahrain adalah mengenai pajak ganda. Dengan adanya kesepakatan tersebut, tambah dia, hal itu akan membantu menciptakan kesempatan bagi Bermuda dan Bahrain untuk menciptakan sinergi lebih lanjut di perbankan dan asuransi syariah.

Selain itu Cox juga mengeksplor peluang keuangan syariah di pasar modal. ”Kesepakatan dengan Bahrain telah membuka jalan bagi kemungkinan kerja sama dalam berbagai bidang dalam sektor keuangan. Kami yakin setelah komite ekonomi bersama terbentuk akan memberikan rincian kerja sama di masa mendatang,” ungkapnya, sebagaimana dikutip laman Arab News, Senin (12/7).

Berbicara tentang kesiapan Bermuda untuk memasuki perbankan dan keuangan syariah, Cox telah melakukan persiapan. Kerja sama dengan Bahrain pun diharapkan akan membantu menciptakan iklim yang tepat bagi lembaga keuangan syariah untuk meraih peluang tumbuh di Bermuda.

Salah satu yang akan dicoba dilakukan adalah melihat kemungkinan bagaimana Bahrain dapat mereplika model perbankan dan asuransi syariah bagi Bermuda sejalan dengan kesepakatan pajak ganda yang mencakup akan mengeksplor sejumlah peluang seperti investasi, asuransi dan reasuransi.

Sumber : republika.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Loading Facebook Comments ...