Bapepam-LK Dorong Penerbitan Sukuk Korporasi

Bapepam-LK akan membuat daftar yang dapat membantu penerbitan produk syariah di pasar modal, khususnya bagi perusahaan yang ingin menerbitkan sukuk atau obligasi syariah. ”Selain itu, para emiten akan dibantu konsultan yang mengerti syariah,” ujar Kepala Biro Standar Akuntansi Bapepam-LK, Etty Retno, di Jakarta, Selasa (5/7).

Bapepam-LK menilai sukuk yang diterbitkan korporasi di Indonesia masih rendah. Sebagian besar hasil sukuk itu digunakan untuk pembangunan infrastruktur, peningkatan utilitas korporasi, dan transportasi. Sedangkan investor terbesar untuk sukuk datang dari bank syariah dan asuransi umum. ”Industri keuangan masih dominan,” kata Etty.

Selain itu, Etty menjelaskan, investor sukuk ini pun beragam baik dari institusi syariah maupun konvensional. Investor tersebut tertarik karena sukuk memberi manfaat lebih besar dibanding obligasi konvensional. Pasalnya, investornya bisa datang dari kalangan umum maupun syariah sendiri. Sedang obligasi konvensional hanya datang dari investor konvensional. ”Pelaku industri keuangan syariah beragam, bank dan asuransi masih dominan,” jelasnya.

Sumber : Republika.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Loading Facebook Comments ...