Bank Victoria Syariah Sasar UMKM

Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) menjadi sektor yang lekat dengan lembaga keuangan syariah. Untuk menggerakkan UMKM di Indonesia itulah perbankan syariah turut menyalurkan pembiayaan ke sektor tersebut, baik secara langsung maupun melalui program kemitraan (linkage program) dengan koperasi, Baitul Maal wat Tamwil, dan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS).

Untuk menyalurkan pembiayaan ke UMKM, Bank Victoria Syariah, salah satunya akan mengandalkan program kemitraan dengan sejumlah BPRS. ”Untuk pembiayaan mikro kita juga melakukan melalui linkage program karena kalau menyalurkan sendiri akan menyita banyak waktu dan memerlukan jumlah SDM yang banyak,” kata Direktur Utama Bank Victoria Syariah, Sari Idayanti. kepada Republika, Kamis (3/6).

Saat ini Bank Victoria Syariah sedang melakukan penjajakan kerja sama dengan dua BPRS. ”Belum ada realisasi karena kita baru berjalan selama dua bulan, Mudah-mudahan dalam waktu dekat kerja sama dengan dua BPRS ini bisa terjalin,” jelasnya.

Dana linkage program mencapai Rp 5 miliar per BPRS. Sari menuturkan hingga akhir tahun menargetkan total pembiayaan Rp 200 miliar. Dari jumlah tersebut 10-20 persen atau sekitar Rp 20 miliar akan disalurkan melalui program kemitraan. Bank Victoria Syariah pun membuka kerja sama kepada lembaga keuangan lainnya. ”Selain dengan BPRS untuk linkage program ke depannya kita juga ingin bekerja sama dengan koperasi,” cetusnya.

sumber : republika.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Loading Facebook Comments ...