Bank Syariah Tak Maksimalkan Peluang Krisis Ekonomi AS

ekonomi islamKrisis ekonomi global sebagai akibat dari resesi ekonomi Amerika Serikat teryata tak dimanfaatkan secara langsung oleh lembaga keuangan syariah khususnya perbankan. Pada hal saat resesi keuangan tersebut Indonesia akan mengalami kebanjiran dana-dana asing yang akan masuk di Indonesia. Mengapa bank syariah tak bisa memanfaatkan peluang itu?

Pakar ekonomi syariah, Adiwarman A Karim dalam acara`buka bersama di PSTTI- UI Salemba – Jakarta, mengatakan bahwa memang perbankan syariah tak bisa memanfaatkan peluang tersebut, hal ini dikarenakan konsentrasi perbankan syariah bukan memburu dana-dana asing tapi memburu dana domestik.

“Jadi membanjirnya dana-dana asing tersebut tak menggoda bank syariah untuk memanfaatkannya. Hal ini sangat berbeda dengan perbankan Malaysia yang memang kehadirannya untuk memanfaatkan dana-dana asing tersebut,”jelasnya.

Lalu lembaga keuangan syariah (LKS) apa yang bisa memanfaatkan peluang itu?

Adiwarman menambahkan, LKS yang bisa memanfaatkan peluang itu adalah instrumen sukuk dan bursa efek, karena lewat instrumen tersebut sangat mudah untuk para investor asing dalam menginvestasikan dananya.

Adiwarman menyakini, bahwa bursa efek syariah pada bulan-bulan ini akan kebanjiran dana asing tersebut. Meski demikian, ia menyarankan agar terus berhati-hati karena dana itu bersifat hot money yang bisa ditarik sewaktu-waktu sehingga sangat berbahaya bagi fundamental ekonomi.

Sumber : PKES Interaktif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...