Bank Syariah Pertama Maladewa

Bank SyariahPada 7 Maret 2011 sejarah telah mencatat kehadiran perbankan syariah di Maladewa. Peresmian Bank Syariah pertama Maladewa dengan nama Maldives Islamic Bank (MIB) diresmikan langsung oleh Presiden Maladewa, Mohammed Nasheed dan disaksikan oleh beberapa senior pemerintahan dan otorita Bank Sentral Maladewa. Hal tersebut dilaporkan langsung dalam laman Haveeru.

Harith Harun selaku Chief Excecuttive Officer Maldives Islamic Bank mengungkapkan bahwa hari ini adalah hari penting bagi negara yang menandakan sebuah babak baru dalam pengembangan sektor keuangan di Maladewa.

“Hari ini Maladewa telah bergabung dalam barisan dari 47 negara di seluruh dunia yang telah membuka pintu bagi perbankan syariah yang terus mengalami pertumbuhan yang pesat secara global dalam beberapa decade terakhir,” ungkap Harith Harun dalam laman Haveeru Online.

Sementara itu Aisath Zahira selaku Wakil Gubernur Otoritas Moneter Maladewa mengakui pentingnya peristiwa bersejarah ini sebelum pembahasan mengenai sistem keuangan negara.
Presiden Maladewa dalam pidatonya juga mengungkapkan bahwa dengan hadirnya layanan keuangan syariah ini akan memberikan manfaat dan berkontibusi bagi pertumbuhan ekonomi Maladewa.
Kemudian selesai peresmian Maldives Islamic Bank (MIB), Presiden Maladewa , Nasheed dan Wakil Presiden Dr Mohammed Waheed mengajukan formulir aplikasi untuk membuka rekening di bank.
Maladewa merupakan sebuah negara kepulauan yang terdiri dari kumpulan atol di Samudra Hindia. Maladewa terletak di sebelah selatan-barat daya India, sekitar 700 km sebelah barat daya Sri Lanka. Negara ini memiliki 26 atol yang terbagi menjadi 20 atol administratif dan 1 kota.

Sumber : IBnews Eramuslim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...