Bank Syariah Kian Merambah Dunia

Industri perbankan syariah Afrika tak mau kalah dengan industri keuangan syariah di benua lainnya. Setidaknya dalam dua pekan terakhir terdapat dua bank di Tanzania yang membuka layanan perbankan syariah, yaitu National Bank of Commerce (NCB) dan Stanbic Bank.

Di awal bulan ini, NCB yang berbasis di Dar Es Salaam meluncurkan layanan perbankan syariah yang terbuka untuk Muslim dan non-Muslim. ”Muslim dan non-Muslim global memilih untuk menggunakan perbankan Islam, karena itu adalah layanan yang memberikan jaminan bahwa uang mereka akan diinvestasikan dengan baik,” kata NBC Islamic Banking board chairman, Mussa Assad.

Tercatat setidaknya 40 persen penduduk Tanzania adalah Muslim. Dalam pembukaan rekening di bank syariah memiliki cara yang sama persis seperti membuka rekening konvensional. ”Namun, fitur produk akan berbeda karena berdasarkan prinsip syariah,” kata Manajer Pemasaran NBC, William Kallage.

NBC adalah bank ketiga di Tanzania yang menawarkan layanan perbankan syariah. Sebelumnya telah ada Kenya Commercial Bank (KCB) yang mendapat lampu hijau pada 2008, dan diikuti oleh Stanbic Bank yang meluncurkan layanannya sepekan sebelum NBC mengumumkan layanan perbankan syariah.

Menteri Keuangan dan Ekonomi Tanzania, Mustafa Mkulo, menyampaikan apresiasinya mengenai hadirnya perbankan syariah di Tanzania. Sejumlah bank lain pun telah mengajukan permintaan untuk dapat mengoperasikan layanan syariah. Namun ia mendesak perbankan untuk dapat mengedukasi nasabah dengan baik, sehingga nasabah dapat memperoleh keuntungan dari pinjaman tersebut. Pasalnya belum seluruh masyarakat di Tanzania paham terhadap sistem perbankan syariah.

Managing Director Stanbic, Bashir Awale, mengatakan layahan perbankan syariah konsisten dengan prinsip-prinsip hukum Islam. ”Dalam prakteknya, prinsip syariah melarang pembayaran atau penerimaan biaya bunga untuk pinjaman dan penerimaan uang,” kata Awale, sebagaimana dikutip laman busiweek.com.

Ia mengatakan produk pertama yang akan ditawarkan Stanbic adalah produk transaksional bernama ‘TransactPlus’ dan rekening giro. Produk tersebut, tambahnya, sesuai dengan prinsip syariah dan menyediakan fitur yang mudah digunakan sama rekening konvensional, termasuk internet banking, kartu debit Visa Electron atau Maestro, dan layanan prabayar airtime.

Sumber : Republika.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Loading Facebook Comments ...