Bank Syariah Dukung Pertumbuhan Bisnis Franchise

Bank SyariahMenjelang the 8th Franchise and License Expo pada 12-14 November mendatang, Direktorat Pengembangan Perbankan Syariah (DPbS) Bank Indonesia menggelar seminar bertema “Prospek Pembiayaan Perbankan Syariah untuk Bisnis Franchise”. Tujuannya apa lagi selain untuk terus mensosialiasikan perbankan syariah yang terbukti dapat memasuki sektor bisnis yang menguntungkan, seperti bisnis franchise.
“Bisnis waralaba (franchise) merupakan bisnis yang memiliki karakter yang sama dengan bank syariah, baik dari sisi pertumbuhan maupun bisnisnya,” ujar Deputi Gubernur Bank Indonesia, Halim Alamsyah.

Pertumbuhan waralaba setiap tahunnya meningkat 20-30%, angka itu hampir setara dengan pertumbuhan industri perbankan syariah yang mencapai 38,2% per tahun. Menurut Pengarah Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia, Amir Karamoy, kondisi bisnis waralaba dan lisensi di Indonesia semakin baik.

“Investor yang berminat untuk membeli sistem juga terus tumbuh,” tandas Amir.

Dalam seminar tersebut, para franchisor dari penjuru negeri datang, bahkan ada pula yang berasal dari negara tetangga, Singapura. Rencananya, pameran Franchise dan Lisensi Indonesia ke-8 akan diikuti oleh 150 peserta dan akan dimeriahkan pula oleh sejumlah bank syariah. Pameran tersebut bertempat di Jakarta Convention Center dan didukung oleh Kamar Dagang dan Industri (Kadin) dan Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (Wali).

Dengan hadirnya bank syariah dalam pameran waralaba tersebut, eksistensi perbankan syariah dalam mendorong pertumbuhan bisnis franchise semakin kuat. Para franchisor dan pengusaha UKM selanjutnya dapat mempercayakan permodalan dan pembiayaan usaha mereka kepada bank syariah.

Sumber : IBnews Eramuslim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...