Bank Sentral Uganda Studi Bank Syariah di Bank Indonesia

Bank SyariahBank Sentral Uganda melakukan studi bank syariah di Bank Indonesia. Hal ini dilakukan dalam rangka mempersiapkan pendirian bank syariah di negara Afrika tersebut.

Menurut Deputy Director Commercial Banking, Grace Stuart Ndyareeba pihaknya sengaja memilih Indonesia karena sejumlah alasan. ”Salah satunya karena pendirian bank syariah di Indonesia bermula dari permintaan masyarakat yang begitu dominan. Hal yang sama yang kini terjadi di negara kami,” ujarnya pada sesi temu wartawan di gedung BI, Jumat (11/2).

Ia mengaku pembentukan bank syariah di Uganda menjadi begitu mendesak. Pasalnya, bagi minoritas muslim di negara tersebut, bank syariah merupakan identitas diri.

Uganda merupakan negara dengan pendapatan per kapita masyarakat 500 dollar AS. Jumlah penduduk muslim hanya sekitar 17 persen dibanding dengan total penduduk yang mencapai 30 juta jiwa.

Dari total 22 bank konvensional, 11 bank telah mengajukan ketertarikan membuka unit syariah. Selain itu, tiga bank asal timur tengah juga tengah menjajaki pendirian bank syariah di negara itu.

Kunjungan ini dilakukan mulai 7 Februari hingga 14 Februari mendatang. Selain Indonesia, Bank Sentral Uganda juga akan melakukan studi perbankan syariah di Dubai dan Malaysia.

Sumber : republika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Loading Facebook Comments ...